Blog Apa Aja
Sumber Artikel Gue

Jangan Lupa Mampir Y

Blog Apa Aja

FaceBook n Twitter
Add n Follow Me, Join Group


Facebook :
Join Group In Facebook
Add Me As Friend

Twitter :
Follow Me


Hope U Like This Feature


Dengan Fitur Di Atas, Semoga Sobat Bisa Lebih Dekat dengan Blog Apa Aja

NOT Your Language..? Translate It..!!!

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Tips dan Triks Menggunakan Antivirus

Kamis, 13 Mei 2010

Jadilah Yang Pertama Men-shared Artikel Ini Ke Teman-Teman yang Lain..
www.tips-fb.com Buzz It Twitter submit button

Virus komputer merupakan momok yang menakutkan bagi pengguna komputer, beberapa waktu yang lalu saya telah menuliskan tentang apa itu virus komputer. Untuk mengatasi masalah virus komputer dibutuhkan antivirus yang handal, ada banyak antivirus yang dapat anda pakai untuk membasmi virus yang menyerang pc / notebook kamu.

Diantara sekian banyak antivirus, ada 10 antivirus terbaik yang dapat membasmi virus yang menyerang komputer kamu. Tetapi pemakaian antivirus juga tidak boleh sembarangan, agar dapat bekerja efektif. Ada beberapa tips yang dapat kamu pakai untuk mengamankan komputer kamu agar aman dari virus komputer. Walaupun tidak dapat menangkal virus 100% tetapi dapat meminimalkan masuknya virus ke komputer kamu. Berikut adalah tips dan triks menggunakan antivirus :


  1. Hindari pemakaian 2 antivirus atau lebih secara bersamaan, kecuali kalau memang sangat dibutuhkan.
  2. Periksa Virus Vault (karantina Virus) secara berkala dan jika sudah terlalu banyak isinya, hapus yang benar-benar virus atau file yang sudah tidak terpakai lagi. Jika banyak file yang berukuran sama, kemungkinan itu virus, jadi dihapus saja atau tinggalkan satu saja.
  3. Selalu aktifkan Resident Shield/Guard, karena ini yang selalu memonitor file-file setiap saat.
  4. Aktifkan fasilitas Report, dan simpan report-nya di folder yang mudah dicari.
Selain itu ada beberapa tips dan trik untuk mengefektifkan proses scan virus, Proses scan virus di komputer bisa memerlukan waktu cukup lama, bahkan sampai berjam-jam jika file kita sangat banyak, maka, bisa kamu lakukan hal-hal berikut :

  1. Non aktifkan (disabled) scan Archive (file yang dikompress, seperti zip,rar,cab dan sebagainya), kecuali punya banyak waktu untuk menscan virus. Karena jika ini diaktifkan proses scan bisa sangat lama. Selain itu jika ada virus didalam zip/archive maka tidak berbahaya asal file didalamnya tidak dijalankan.
  2. Hindari setting untuk langsung menghapus/heal/remove file yang dianggap sebagai virus, lebih baik pilih Karantina (Move to Quarantine) atau rename. Kecuali sudah yakin bahwa file itu memang virus, bukan dokumen atau program yang terinfeksi virus.
  3. Jika ada pilihan scan file-file tertentu/pilihan (smart extensions) dan semua file, maka lebih baik dipilih smart extensions, scan akan jauh lebih cepat.
  4. Di bagian Scheduler Scan (Scan otomatis setiap waktu tertentu), pastikan diatur di saat-saat komputer jarang terpakai atau di matikan (non aktifkan/disabled) saja dan scan di lakukan secara manual. Karena kadang kita tidak tahu bahwa antivirus sedang melakukan scan yang bisa memakan waktu sangat lama, sehingga kerja komputer menjadi sangat lambat.
  5. Jika sedang melakukan proses scan, sebaiknya tidak menjalankan program lain, apalagi yang berat. Juga pastikan untuk mematikan screensaver jika komputer ditinggal pergi.
Buat kamu yang komputernya jarang dipakai internetan (offline) ada beberapa tips dan trik tambahan yang perlu kamu lakukan, yaitu :

  1. Download virus definition (update) satu minggu sekali, lebih sering lebih baik.
  2. Jika ada fasilitas Anti Spyware atau Email Scanner, atau fasilitas lain yang berhubungan dengan koneksi Internet, matikan saja untuk mengurangi pemakaian Memori dan CPU. Jika komputer kadang terkoneksi ke Internet, scan spyware dapat dilakukan secara manual, setiap beberapa hari atau seminggu sekali.
  3. Matikan fasilitas Auto Update, update dilakukan manual, dengan download virus database atau ketika konek ke Internet saja.
Jika kamu sering koneksi ke internet (online), ada beberapa tips yang dapat menefektifkan pemakaian antivirus untuk menangkal virus menjangkiti komputer kamu, diantaranya :

  1. Aktifkan Auto Update, sehari sekali sudah cukup, lebih sering lebih baik.
  2. Jika ada fasilitas email scanner atau anti spyware, lebih baik diaktifkan, kecuali menggunakan program anti spyware lainnya.



http://www.dwisusilo.web.id/

Sharing Itu Indah
Jika Sobat Suka Dengan Artikel Ini, Jangan Lupa Sharing Ke Teman yang Lain y
^_^y

Yuk Sebarkan Artikel ini ke Temen-Temen yang Laen
Share |
Agar Teman-Teman Anda Mendapat Manfaat Dari Artikel Ini, jangan lupa SHARE di FACEBOOK lewat tombol di bawah ini.
www.tips-fb.comKlik Di Sini Untuk Share Lewat Facebook
Twitter submit buttonKlik Di Sini Untuk Share Lewat Twitter


Masukkan Email Anda Untuk Berlangganan Artikel Terbaru "Evolusi Apa Aja".. GRATIS !!!

>>>
Setelah Daftar, Jangan Lupa Cek EMAIL !!
Anda Akan Dikirimkan Pesan Verifikasi untuk Berlangganan Artikel GRATIS


Seluruh Artikel