Blog Apa Aja
Sumber Artikel Gue

Jangan Lupa Mampir Y

Blog Apa Aja

FaceBook n Twitter
Add n Follow Me, Join Group


Facebook :
Join Group In Facebook
Add Me As Friend

Twitter :
Follow Me


Hope U Like This Feature


Dengan Fitur Di Atas, Semoga Sobat Bisa Lebih Dekat dengan Blog Apa Aja

NOT Your Language..? Translate It..!!!

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Menyulap 2.400 Ton Pasir Menjadi Keajaiban Dunia

Kamis, 01 Desember 2011

Jadilah Yang Pertama Men-shared Artikel Ini Ke Teman-Teman yang Lain..
www.tips-fb.com Buzz It Twitter submit button



[Image: 1514225620X310.jpg]
Seniman dari sejumlah negara, yang tergabung dalam World Sand Sculpting Academy, menyiapkan 42 patung dari pasir di Alam Fantasia, Taman Budaya Sentul City, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (28/11). Karya seni patung dengan media pasir dengan tajuk "Wonder of the World" yang diklaim terbesar di Asia Tenggara itu akan dipamerkan dalam The 1st Indonesia Sand Sculpture Festival, 18 Desember 2011-28 Januari 2012.

Thomas Koet (37) dan Jill sibuk memoles bongkahan besar pasir yang sudah diberi pola menyerupai penari barong, Senin (28/11). Mereka mengoleskan lempung basah dari pasir yang sudah disaring. Bagian bawah bongkahan pasir itu masih ditutupi papan persegi yang digunakan untuk memampatkan pasir.


Media pasir jarang ditampilkan di Indonesia. Tentu masyarakat akan tertarik.
-- Donie Pasla

"Pasirnya terlalu keras. Bagus untuk membuat potongan besarnya, tetapi agak menyulitkan untuk membuat detail patung," tutur Thomas, seniman asal Amerika Serikat, saat ditemui di Alam Fantasia, Taman Budaya Sentul City, di Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Laki-laki kelahiran Belanda itu bekerja di bawah tenda besar di salah satu sisi Alam Fantasia. Hari itu, ada belasan seniman patung pasir dari sejumlah negara yang juga membuat patung dari bahan baku pasir. Ketinggian patung itu bervariasi, dari 2 meter hingga 5 meter.

Pematung pasir itu bekerja menggunakan sekop, cangkul kecil, dan serokan semen. Sekilas mata, pekerjaan mereka memahat pasir itu seperti arkeolog yang mencari bentuk dari timbunan tanah dan pasir.

Di Eropa dan Amerika Serikat, memahat pasir terbilang seni yang sudah dikenal puluhan tahun, tetapi diklaim baru kali ini diselenggarakan dalam skala besar di Indonesia, bahkan Asia Tenggara.

Adalah Winmark Mendawai Indonesia dan Divisi Taman Budaya Sentul City yang memfasilitasi para seniman yang tergabung dalam World Sand Sculpting Academy (WSSA) untuk berpameran di Indonesia.

Rencananya, ada 42 patung yang ditampilkan pada 18 Desember 2011 hingga 28 Januari 2012 itu. Sebagian besar menyajikan kekayaan budaya Indonesia, seperti patung Candi Borobudur, Candi Prambanan, Garuda Wisnu Kencana, penari barong, hingga patung pengantin Minang dan komodo.

Namun, ada pula seniman yang menampilkan karya berupa bangunan dan kebudayaan dunia, seperti Taj Mahal (India), Sydney Harbour Bridge (Australia), Piramida (Mesir), dan Menara London (Inggris).

"Kami membutuhkan 2.400 ton pasir. Bukan pasir laut, tetapi pasir sungai yang diambil dari Cilegon (Banten). Setelah selesai, pasir ini akan dikembalikan lagi ke alam atau untuk pembangunan. Seni mematung pasir itu ramah lingkungan," tutur Marcel Elsjan of Wipper, Chief Executive Officer WSSA.

Menurut Marcel, pameran yang diselenggarakan di Indonesia akan menjadi yang terbesar di Asia Tenggara. Tahun ini, mereka sudah menggelar pameran serupa di Singapura dan Thailand, tetapi dalam skala kecil.

Selama tahun 2011, mereka sudah menggelar 17 kali pameran. Seni memahat pasir ini sudah dikembangkan sejak 20 tahun lalu dan mulai tersebar ke penjuru dunia.

Donie Pasla dari Winmark Mendawai Indonesia berharap, pengenalan seni memahat pasir di Indonesia ini bisa menarik 5.000-7.000 pengunjung per hari selama pameran.

"Media pasir jarang ditampilkan di Indonesia. Tentu masyarakat akan tertarik. Biasanya anak-anak kecil membuat istana pasir di tepi pantai. Ini disajikan dalam skala besar," tuturnya.

Melalui pameran dan kegiatan yang bakal digelar rutin tersebut, diharapkan bisa tersaring seniman patung pasir dari Indonesia untuk bergabung dengan WSSA. Apalagi, Indonesia memiliki potensi besar karena memiliki banyak seniman patung batu dan kayu.

Setidaknya ada pilihan lain untuk kunjungan wisata baru selama satu bulan mendatang, yaitu melihat pasir sungai yang "disulap" seniman mancanegara.  
Kompas.com


Sharing Itu Indah
Jika Sobat Suka Dengan Artikel Ini, Jangan Lupa Sharing Ke Teman yang Lain y
^_^y

Yuk Sebarkan Artikel ini ke Temen-Temen yang Laen
Share |
Agar Teman-Teman Anda Mendapat Manfaat Dari Artikel Ini, jangan lupa SHARE di FACEBOOK lewat tombol di bawah ini.
www.tips-fb.comKlik Di Sini Untuk Share Lewat Facebook
Twitter submit buttonKlik Di Sini Untuk Share Lewat Twitter


Masukkan Email Anda Untuk Berlangganan Artikel Terbaru "Evolusi Apa Aja".. GRATIS !!!

>>>
Setelah Daftar, Jangan Lupa Cek EMAIL !!
Anda Akan Dikirimkan Pesan Verifikasi untuk Berlangganan Artikel GRATIS


Seluruh Artikel